Menu

Mode Gelap
 

Otomotif WIB ·

Nmax Listrik’ E01 Resmi Jajal Market di Indonesia


					Nmax Listrik’ E01 Resmi Jajal Market di Indonesia Perbesar

Di masa persediaan bahan bakar fosil sudah semakin berkurang di butuhkan inovasi yang sangat mendelam untuk mengatasinya apalagi di era elektrinisasi seperti sekarang ini,bermunculan kendaraan listrik yang memeriahkanya.

Ekosistem kendaraan yang sudah terelektrifikasi di Indonesia makin ramai dengan diperkenalkannya Yamaha EV Model E01.

E01 pertama kali diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019, kemudian sempat mejeng di International Motor Show (IIMS) 2022.

Lalu, secara resmi E01 diperkenalkan dalam press conference bertempat di Head Office PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Pulogadung Jakarta Timur, pada Jumat (22/4/2022).

Salah satu perwujudan dari passion Yamaha berlandaskan Kando dapat dilihat dari perjalanan pengembangan teknologi kendaraan listrik Yamaha yang dimulai dengan munculnya Yamaha Power Assist System (PAS) e-bike di tahun 1993.

Setelah itu inovasi Yamaha terus berkembang lagi menghasilkan sepeda motor listrik ditandai dengan kehadiran Yamaha Passol di tahun 2002, Yamaha EC-02 (2005), Yamaha EC-03 (2010), E-Vino (2014), Yamaha EC-05 (2019), Yamaha EMF (2022), hingga Yamaha E01 (2022).

”Dan saya dengan bangga ingin mengatakan sebuah fakta bahwa Yamaha adalah perusahaan paling berpengalaman dengan teknologi baterai melalui sepeda PAS (Power Assist System) kami. Hingga saat ini Yamaha telah berpengalaman memasok lebih dari 5 juta unit electrical power assist untuk sepeda secara kumulatif ke pasar dunia dalam sejarah panjang kami,” ungkap Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing

Sayangnya, kata Minoru, Yamaha belum menjual model EV di Indonesia, namun Yamaha telah melakukan test market dengan E-Vino. Yamaha memperkenalkan E01 di IIMS 2022 untuk melihat peluang terkait model ini.

“Kami sangat senang melihat respon serta antusiasme masyarakat yang sangat tinggi. Dan untuk menjawab rasa penasaran tersebut, hari ini Yamaha Indonesia secara resmi mengumumkan untuk melakukan test market terhadap E01 di jalanan umum di Indonesia untuk melihat kemampuannya beradaptasi serta mengumpulkan masukan dari konsumen secara langsung. Ini adalah ‘Proof of Concept’ untuk menjawab tantangan EV Yamaha di Indonesia ke depan,” papar Minoru Morimoto.

E01 dilengkapi dengan semua fungsi yang diharapkan dari skuter kelas 125cc dan memiliki performa yang cocok untuk mobilitas jarak pendek hingga menengah (komuter).

E01 adalah model yang sepenuhnya memanfaatkan teknologi dan pengetahuan sepeda motor Yamaha, yang diaplikasikan pada konsep E01.

Hal itu terlihat dari desain futuristik, mengadopsi fixed battery yang bisa di-charge di manapun sesuai keinginan konsumen dengan tiga tipe sistem charging (fast charging, normal charging, portable charging).

E01 diklaim sangat nyaman dikendarai dan memiliki fitur canggih dan cerdas yang mendukung mobilitas pengendara. Fitur yang terhubung ke smartphone juga terdapat pada E01.

Tes pasar E01 yang dilakukan Yamaha di Indonesia bertujuan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait pengembangan kendaraan berbasis listrik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Nantinya konsumen akan diberikan kesempatan untuk mencoba E01 yang akan dimulai pada semester 2 tahun ini dalam Proof of Concept Project Yamaha.

Selain menghadirkan motor listrik ramah lingkungan, sebagai bentuk komitmen Yamaha Motor untuk mengurangi emisi CO2 dalam rangka mendukung program Carbon Neutral, maka Yamaha Motor mulai mengimplementasikan solar panel (panel surya) di dua pabrik Yamaha di Indonesia.

Yamaha merancang E01 dengan desain modern serta dilengkapi fitur dan teknologi canggih. Ini membuat model E01 sangat menarik dengan fungsi fitur-fitur motor ini yang dipersiapkan untuk menjawab tantangan era mendatang dalam berkendara sepeda motor.

Desain E01 menggambarkan kebersihan atau keindahan ciri khas motor listrik yang disandingkan dengan sebuah ketangguhan desain motor Yamaha, konsep ini diberi nama “A Human-Centric Juxtaposed Design”, yaitu menyandingkan 2 karakteristik atau tema.

Contoh pengaplikasiannya dapat dilihat dari konsep warna E01 yang melambangkan kebersihan dan modernitas.

Warna iconic E01 merupakan penggabungan antara biru racing sebagai DNA Yamaha serta hijau yang menggambarkan ECO Green yang diberi nama Aqua atau “Cyan” color.

Lalu kombinasi warna E01 yaitu Pearl White (Putih Mutiara) dan Black (Hitam) melambangkan kebersihan dan modernitas. Warna putih mutiara pada body motor menggambarkan kebersihan dan keindahan dari sebuah motor EV, dan warna hitam menonjolkan bagian-bagian fungsional yang memberi kesan modern.

Yamaha ingin menyuguhkan keunikan desain yang berbeda dengan motor listrik lainnya. Hal ini tampak pada wajah depan ikonik E01 yang membuat motor ini terlihat unik, dengan letak position lights LED mengelilingi charging port depan.

Skuter listrik E01 menggunakan fixed-lithium ion battery berkapasitas 4,9 kWh yang dapat menempuh jarak 104 km dalam kondisi full charging. dilengkapi dengan konektor charging yang ditempatkan di depan body motor yang memudahkan saat melakukan charging ketika motor diparkir.

Tersedia tiga tipe charging yaitu fast charging, normal charging, dan portable charging yang dapat diletakkan di bagasi motor.

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sulap Headset menjadi Mic Sederhana

15 Juni 2019 - 08:27 WIB

Beberapa Fungsi Reboot yang perlu diketahui di Android

31 Mei 2019 - 14:12 WIB

Prosesor Intel Core Generasi ke-10 Akhirnya Meluncur

31 Mei 2019 - 12:38 WIB

ZenFone 6 Akan merambah ke Pasar Indonesia

26 Mei 2019 - 20:44 WIB

Trending di Tekno