Misteri

Kamis, 16 Januari 2020 - 09:57 WIB

7 bulan yang lalu

logo

Menelisik Arca-Arca Candi Wisnu

Arca-Arca Candi Wisnu

Arca-arca ini pertama kali di identifikasi secara lengkap oleh Ijzerman, dimana ketika itu dia melakukan hal-hal besar dalam mengungkap tabir awal Kompleks Prambanan. Dia juga orang yang pertama membedah “jerohan” Prambanan, membersihkan batu-batu yang menimbun bilik utama, memberanikan diri membongkar lantai hingga menemukan peripih-peripih candi.

Meskipun bukan berarti tanpa “kesalahan”, pekerjaan itu merupakan langkah besar di dunia perbatuan Jawa dikala itu. Perwatuan uhrowi

Salah satunya adalah Candi Wisnu, dimana ia mengatakan bila selain arca sebesar 2.4m terdapat pula 3 arca “Pendamping” di dinding barat atau di belakang arca utama. Ketiganya memiliki tinggi 1,2m digambarkan dalam posisi berdiri, mereka juga dikatakan relatif utuh dan hanya mendapatkan kerusakan yang relatif kecil.

Di paling selatan terdapat arca Wamana Awatara, salah satu avatara Wisnu. Wamana digambarkan tangan kanan dalam posisi memegang salah satu kaki kanannya yang di angkat, tangan kiri memegang gada yang seakan sebagai tumpuan tubuhnya.

Di tengah, atau tepatnya di belakang arca utama, terdapat arca Wisnu bersama shaktinya, Wisnu digambarkan berlengan dua, tangan kanan memengan Shangka, sedang tangan kiri ditekuk menyiku sejajar pundah.

Pada ujung siku inilah Shakti digambarkan duduk dengan ukuran lebih kecil, ia memiliki empat lengan, tangan kanan depan dalam sikap waramudra, tangan kiri berada di depan dada dengan sekuntum teratai. Tangan kanan atas memegang aksamala (tasbih) dan sebelah kiri atas membawa pataka (bendera).

Arca ketiga yang berada di utara merupakan penggambaran Avatara Wisnu yang lain, Avatara yang paling terkenal karena bentuk dan keganasan kisahnya, Narasingha. Ia digambarkan berkepala Singa, berlengan dua yang dipangkuan kanan tergeletak tokoh Hiranyakasipu yang ia peluk dengan tangan kanan dan tangan kiri merobek perutnya.

Satu dari tiga arca diatas di simpan kantor BPCB DIY, Arca Wisnu bersama Lhaksmi. Tapi meskipun mirip nampaknya arca ini merupakan arca yang berbeda. Dia sangat aus, kerusakan berada disana sini. Lengan kanan Wisnu memegang Shangka yang telah patah sepertinya juga tidak berada di atas, namun di depan dada.

Untuk arca kecil Shakti juga begitu, ia sangat aus, satu-satunya yang terlihat jalas adalah aksamala yang berada di lengan kanan atas, untuk 2 laksana lain dan mudra di atas lutut tak jelas posisinya.

Arca-arca kecil ini ditemukan pula di Candi Brahma, dengan berbagai penggambaran Brahma tentunya. Seperti apa? Nanti kita cerita candi kapan kapan wkwk

 

*Dihimpun dari berbagai sumber

 

Artikel ini telah dibaca 351 kali

Baca Lainnya