Kesehatan

Sabtu, 21 Desember 2019 - 07:06 WIB

8 bulan yang lalu

logo

Manfaat Kulit Pisang Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Pisang adalah buah yang memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, membuat pisang kerap dijadikan sebagai bahan utama beragam penganan ringan. olahan pisang biasa disajikan dalam keadaan panas, maupun dingin bahkan kering,
Namun, tak hanya sedap dijadikan kudapan, rupanya kulit pisang juga bisa dimakan. Bahkan, manfaat kulit pisang itu banyak, salah satunya diklaim ampuh untuk mengobati insomnia alias penyakit susah tidur jika dikonsumsi dengan rutin.


Menurut nutrisionis asal Australia, Susie Burrell, kandungan kalium dan potasium yang ada dalam kulit pisang bisa meningkatkan kualitas tidur, menyehatkan kulit, serta menurunkan berat badan.
Bahkan banyak serat yang terkandung dalam kulit pisang. Di dalam kulitnya juga ada vitamin B6, vitamin C, kalium dan juga magnesium,” kata Susie, dilansir dari New York Post.
Susie menambahkan, menyisipkan kulit pisang ke dalam makanan atau minuman juga bisa membantu membuat nutrisi lebih mudah diserap tubuh. Tingkat kandungan antioksidan kulit pisang pun terhitung tinggi, sehingga dapat mencegah risiko kanker, struk, hingga penyakit jantung.

Secara spesifik, pisang dengan warna kulit kuning terang kaya akan antioksidan. Sedangkan, yang kulitnya hijau punya serat, zat antioksidan, dan asam amino,” tambah Susie.
Kulit buah ini juga dinilai bisa melancarkan pencernaan dalam usus lewat seratnya. kulit pisang mungkin bisa dijadikan sebagai pilihan saat perut kurang enak.
Agar rasa sepatnya tidak terlalu terasa, campurkan kulit pisang ke dalam racikan smoothies buah favorit. Namun, jangan lupa atur jumlahnya supaya rasa sepatnya tidak mendominasi.
Gaimana pakah tertarik buat menyoba  manfaat kulit pisang.

Artikel ini telah dibaca 1227 kali

Baca Lainnya
  • 27 Juli 2020 - 05:44 WIB

    Mbah Jejer