Kesehatan

Sabtu, 5 Oktober 2019 - 23:46 WIB

10 bulan yang lalu

logo

Manfaat Kunyit Untuk Kulit

Kunyit selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan, pewarna alami atau juga sebagai jamu untuk kesehatan, namun tahukah bahwa kunyit juga memiliki manfaat tak kalah pentingnya untuk kecantikan kulit?
Hampir setiap orang indonesia dan india serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Dalam bahasa Banjar kunyit atau kunir ini dinamakan Janar.

Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, zingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyet (Madura).
Terdapat beberapa manfaat jika mengonsumsi kunyit di rumah, seperti merebus rimpang kunyit dan ditambah dengan beberapa ramuan lain sesuai dengan penyakit yang ingin diobati,selain itu kunyit juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit di antaranya seperti ulasan beriku.

1. Mengurangi Kerutan Pada Wajah
Kunyit sangat berkhasiat untuk mengatasi kerutan pada wajah akibat penuaan dini ataupun faktor usia. Ladies dapat mencampurkan bubuk kunyit dengan susu sebagai masker. Pemakaian secara teratur dapat membuat kulit Ladies kencang dan awet muda.

2. Mengatasi Kerusakan Sel Kulit
Kandungan antioksidan alami pada kulit mampu menghambat kerusakan sel kulit. Vitamin E dan C pada kunyit juga mampu membuat kulit lembut dan tidak kusam. Dikutip dari manfaatbuahdaun.blogspot.com, kunyit juga mampu melembabkan kulit yang kering.

3. Menghilangkan Noda Bekas Jerawat
Noda bekas jerawat yang mengganggu kini dapat Ladies hilangkan dengan menggunakan kunyit. Cukup dengan memarut kunyit dan mengoleskan hasil parutannya pada wajah yang memiliki noda bekas jerawat. Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin dan bekas jerawat pun akan hilang dari kulit Ladies.

4. Mencerahkan Warna Kulit
Kunyit dapat digunakan sebagai lulur untuk mencerahkan warna kulit. Kandungan alaminya mampu menghambat kinerja melanin yang menyebabkan pigmentasi pada kulit. Dengan penggunaan secara teratur, Ladies akan mendapatkan kulit cerah dan halus.

5. Membantu Mengangkat Sel – Sel Kulit Mati
Kunyit dapat dijadikan sebagai scrub yang dapat membantu mengangkat kotoran dan sel – sel kulit mati. Ladies dapat mengendapkan parutan kunyit dengan sedikit air dan mengoleskannya ke seluruh tubuh. Diamkan 20 menit dan bilas dengan air bersih.

Artikel ini telah dibaca 225 kali

Baca Lainnya