Kesehatan

Rabu, 14 Agustus 2019 - 04:40 WIB

12 bulan yang lalu

logo

Penyebab Jerawat Di Punggung Dan Solusinya

Kadang sebagian wanita minder pakai baju sedikit terbuka di bagian punggung gara-gara jerawat. Belum lagi nyeri dan panas yang ditimbulkan jerawat saat matang. rasanya bikin kesal marah. Walaupn sebetulnya  berada di bagian belakang tubuh yang tidak bisa di lihat, jerawat di punggung tetap mengganggu aktifitas .

Seperti juga jerawat di muka, penyebab kulit cenderung mudah berjerawat di punggung adalah produksi minyak berlebih di kelenjar kulit. Saat bercampur dengan keringat dan bakteri yang menumpanginya, jerawat bisa meradang. Untuk mencegahnya, Anda perlu tahu apa saja yang bisa memicu terjadinya jerawat.

Salah satu yang menjadi faktor pemicunya adalah sports bra yang memiliki bentuk lebih lebar sehingga memberi daya topang yang bikin nyaman, tapi juga bisa membuat keringat melekat di kulit, yang mudah ditunggangi bakteri. Jika kulit Anda cenderung berminyak, ini akan membuat pori-pori kulit tersumbat. Sport bra yang terlalu ketat juga bisa menggesek kulit dan menimbulkan iritasi. Kedua hal tadi menyebabkan jerawat rentan muncul di punggung.

Selain memilih sport bra dengan ukuran sesuai, pastikan Anda segera mengganti sport bra setiap kali setelah berolahraga. Kini sudah ada juga sport bara yang memiliki teknologi antibakteri.

Sisa Shampoo dan Conditioner Juga jadi pemicu waluapun rajin mandi tapi tetap akan jerawatan di punggung?.

Coba ingat-ingat, apakah Anda menyabuni kulit dulu lalu mencuci rambut? Mencuci rambut belakangan, bisa jadi penyebabnya. Kandungan shampoo dan conditioner yang mengalir ke punggung bisa menyumbat pori-pori kulit.

Jadi, baiknya cucilah rambut terlebih dahulu, baru tubuh termasu punggung. Sabun yang mengandung asam salisilat dapat membersihkan kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori.

Untuk membuang kulit mati yang bisa menyumbat pori di punggung dengan butiran scrub atau menggosok punggung menggunakan loofah bisa jadi pilihan. Tapi loofah yang sudah terlalu lama, bisa mengandung bakteri yang malah bisa bikin masalah.

Periksa loofah apakah memiliki bau dan tanda-tanda ditumbuh jamur. Sesekali cuci loofah dan ganti secara berkala, setidaknya satu bulan sekali.

Tapi jika sudah terlanjur ada jerawat, baiknya jangan gosok punggung, karena akan menyebabkan iritasi.

Jika sudah mencoba cara tadi masih saja muncul jerawat di punggung, baiknya Anda berkosultasi dengan dokter kulit. Mungkin saja penyebabnya adalah hormonal. kita juga mungkin perlu resep khusus untuk meredakan jerawat yang meradang.

Source: media online

Artikel ini telah dibaca 235 kali

Baca Lainnya