Klenik

Senin, 17 Juni 2019 - 12:53 WIB

1 tahun yang lalu

logo

3 Tips Lirian Memilih Nama Domain untuk Blog

Seorang blogger pemula yang baru belajar ngeblog biasanya tidak memikirkan secara matang ketika ingin memilih nama domain, Padahal sebenarnya banyak hal-hal penting yang perlu diperhatikan.

Memilih nama domain yang tepat adalah salah satu hal yang penting ketika ingin membangun sebuah blog (atau website). sebagaimana ingin membangun rumah tangga tentunnya perlu dipertimbangkan dengan matang tentunya. membuat nama blog atau domain pun begitu halnya.

Tapi Jamangah Klenikiyyah yang dirahmati Tuhan tenang saja, ada beberapa tips memilih domain untuk blog.

  1. Untuk tak mempersoalkan nama EMD.
    EMD atau Exact-Match Domain adalah sebuah domain yang menggunakan kata kunci yang ditargetkan untuk mendapatkan ranking di mesin pencari.Misalnya sobat ingin menargetkan kata kunci “wisata alam” nah sobat bisa menggunakan Exact-Match Domain “www.wisataalam.com”Sedangkan brandable domain adalah nama domain yang lebih mengutamakan branding ketimbang keyword. Contoh gampangnya seperti google.com, yahoo.com, facebook.com, dll.

    Untuk soal EMD vs brandable domain sebenarnya masih sering menjadi perdebatan di kalangan blogger. Ada yang berpendapat EMD lebih bagus karena dapat membantu meningkatkan ranking di mesin pencari, ada juga yang berpendapat kalau brandable domain jauh lebih bagus.

    dari penulis pribadi lebih memilih menggunakan nama yang brandable domain daripada menggunakan domain yang semata-mata untuk mengejar keyword.

    Alasan pertama karena menurut penulis Exact-Match Domain sudah tidak begitu berpengaruh besar terhadap ranking di mesin pencari, khususnya Google.

    Kedua karena Exact-Match Domain sangat identik dengan web-web spam dan juga web-web berkualitas lirian atau rendah.

    Tak heran kalau Tahun 2012 kemarin Google mengupdate Algoritma-nya untuk mengurangi web Exact-Match Domain berkualitas rendah di hasil pencarian.

    Lantas apakah berarti menggunakan keyword pada nama domain itu jelek?

    woh tak sama sekali buruk lur, pembaca klenikiyyah tetap bisa menggunakan keyword pada nama domain asal bukan Exact-Match Domain.

    Contohnya seperti website toko online bukalapak.com. Domain tersebut mengandung kata kunci “lapak“, tapi tetep ada unsur brandingnya. atau boleh juga dengan nama  domain yang anti mainstream, misalnya, Klenik.id ini tentunnya. dimana domain ini dibuat untuk mengikhtiari dalam proses pencarian informasi yang belum dijangkau oleh ilmu yang kita miliki, maka tercetuslah Klenik.id tentunya dan jika dibeberkan tak cukp waktu untuk satu sesi ini.

  2. Lupakan EMD, pilih brandable domain

    Yang satu ini biasanya sering diabaikan oleh seorang ketika mendaftarkan nama domain.

    Padahal menggunakan trademark atau merek dagang milik orang lain pada nama domain dapat beresiko blog kita dituntut oleh pemilik trademark.

    Misalnya sobat bikin blog dengan nama domain mbahgoogle.com, bukan tidak mungkin nanti pihak Google akan menghubungi sobat untuk menuntut denda 500juta karena menggunakan trademark mereka tanpa izin.

    Jadi cek lebih dulu sebelum mendaftarkan nama domain apakah nama domain yang sobat pilih mengandung trademark atau tidak.

  3. Pastikan mudah diketik, diingat dan diucapkan

    Selain unik, nama domain yang sobat pilih juga harus mudah diketik, diingat dan diucapkan. Hal ini penting untuk memudahkan kita dalam melakukan promosi blog, khususnya promosi offline.

    Kalau misalnya ada teman atau gebetan yang nanya alamat blog kita, kita jadi tidak bingung jelasinnya.

    Berikut adalah beberapa tips supaya nama domain sobat mudah diketik, diingat, dan diucapkan atau 3D.

    • Hindari penggunaan angka (contoh: Nganu1234321.com)
    • Hindari penggunaan tanda hubung atau simbol tidak jelas (contoh: kleniki-yah.com)
    • Hindari penggunaan kata yang sulit dieja (contoh:mueheheuhue.com atau serrhagf.com)
    • Hindari penggunaan nama domain yang terlalu panjang (contoh: namadomaindawabanget.com)
    • dll.

Berikut yang dapat Klenik.id paparkan beberapa tips lirian memilih nama domain dengan mudah. cukup sekian, kita sambung di rubrik selanjutnya ya Lur!!1!

Artikel ini telah dibaca 389 kali

Baca Lainnya
  • 27 Juli 2020 - 05:44 WIB

    Mbah Jejer