Talks Tekno

Sabtu, 15 Juni 2019 - 08:27 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Sulap Headset menjadi Mic Sederhana

Headset merupakan gabungan dari headphone dan juga microphone yang biasa digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara saat terkoneksi dalam sebuah perangkat elektronik. Dari sekian banyaknya orang, umumnya headset hanya digunakan sekedar untuk mendengarkan audio saja.
Kalau dulu Headset hanya kita gunakan sebagai alat untuk mendengarkan suara saja, namun saat ini sudah bisa kita gunakan sebagai alat microphone.
Jika teman-teman ingin belajar bagimana cara setting headset handphone menjadi sebuah microphone pada laptop ataupun PC.
Mungkin dari teman-teman ada yang mengalami masalah ketika anda ingin mewawancarai seseorang dengan merekam video dengan ponsel/ smartphone bersistem operasi android salah satunya suara yang jauh dari narasumber sehingga suara dari narasumber tidak terdengar jelas jika proses wawancara berada ditempat berisik seperti di jalanan, pesta, keributan, pantai dan sebagainya.

Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara membuat mikrofon eksternalnya, anda arus terlebih dahulu mengunduh aplikasi Cinema FV atau Open Camera (Terserah mau pakai yang mana).

Mengapa kLenik.id merekomendasikan untuk memilih Cinema FV atau Open Camera, Karena aplikasi Kamera ‘bawaan’ android rata-rata tidak dapat mendukung fitur mikrofon eksternal.

berikut ini beberapa cara untuk membuat

pembuatan dan Bahan-bahan yang diperlukan :

– Headset bekas (diusahakan yang mengalami kerusakan di speakernya saja, seperti speaker mati sebelah dan speaker mati total yang penting mic pada headset tersebut masih bagus)
– Gunting
– Ties pengerat
– Kain Nilon hitam (bisa bekas kaos kaki, tapi kaos kaki yang masih bersih)
– Kapas secukupnya.

1. Potong kabel speaker headset (kabel yang bercabang dua diatas tombol kontrol headset)
2. Balut tombol kontrol headset menggunakan kapas secukupnya (Jangan terlalu tebal membalut dengan kapas, nanti suara yang dihasilkan terlalu kecil.)

fungsi kapas ini berfungsi sebagai peredam noise pada mikrofon.
3. gunting kain nilon bekas kaos kaki dan tutup tombol kontrol headset yang teah dibalut kapas dengan kain nilon kaos kaki.
4. kencangkan/eratkan bungkusan kain nilon kaos kaki dengan ties kabel pengerat.
5. Selesai. Setelah mikrofon eksternal smartphone android telah jadi, saya akan menjelaskan cara mengguakan mikrofon eksternalnya.

Berikut adalah cara menggunakan mikrofon eksternal:
1. Colokan mikrofon di lubang headphone/headset (Jack 3.5 mm) pada smartphone anda
2. Buka aplikasi FV Cinema atau Open Camera
3. Konfigurasikan input suara aplikasi tersebut sesuai cara dibawah ini :
FV Camera
– Buka Aplikasi FV Cinema
– Buka Pengaturan Kamera (sentuh gambar gear pada pojok kiri paling atas)
– Sentuh Pengaturan Audio (ikon Kerucut menyerupai speaker)
– Pilih Audio Source lalu pilih External Mic Jika masih bingung silahkan ikuti langkah gambar dibawah ini Child birth (graphic cont Child birth ( graphic content ) www.youtube.com Ads By SpeedyAds Open Camera
– Buka aplikasi Open Camera
– sentuh ikon gear pada pojok kanan atas
– Scroll kebawah lalu klik Video Settings.
– Scroll Kebawah sentih Audio Source
– Pilih External Mic (if present)

Nah itu tadi merupakan cara dari untuk merakit Handset menjadi microphone dengan sederhana. jadi tak hanya ngopi saja yang dibuat dengan sederhana. headset pun begitu.

Artikel ini telah dibaca 606 kali

Baca Lainnya