Talks

Jumat, 31 Mei 2019 - 14:12 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Beberapa Fungsi Reboot yang perlu diketahui di Android

Berbicara mengenai Android sama juga berbicara tentang komputer desktop dimana memiliki  operasi system, ram, prosesor  dll. dimana letak perebedaanya hanya pada android itu versi komputer yang kecil.

Beberapa fungsi sistem android juga identik seperi di komputer, kalau di komputer dinamakan restart, di android dinamakan Reboot.

Berbeda kata tapi intinya tetap sama, sebagaimana rindu dan kamu, tak berbeda yang intinya tetap bikin candu. wkwk.

Jika pembaca klenikers yang budiman  familiar dengan restart dikomputer tentu juga  juga pernah menggunakan restart safe mode, nah, di android juga sama bisa restart safe mode.

Gunanya yaitu menghidupkan ulang sistem operasi tanpa aplikasi/fungsi dari aplikasi pihak ketiga

Secara sederhana dan bahasa awam, reboot adalah mematikan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang dan latar depan dan memulai kembali sistem lagi. Hal itu dilakukan setiap kali HP smartphone mengalami hang , blank  tidak merespons dengan benar.

Smartphone adalah salah satu versi komputer yang lebih kecil mengandung RAM, Processor dan Storage saat anda reboot ponsel anda maka sebagimana dibawah ini:

android tutup semua tugas terbuka saat ini dan simpan data yang diperlukan
Android menghapus semua urutan proses yang tertunda
resource prosesor dan Ram android pun menjadi lega kembali.
prosesor pastikan tidak ada proses yang tersedia
sekarang mobile ulang file sistem android anda ke RAM
prosesor memulai eksekusi dan menginisialisasi UI anda
setelah menyelesaikan semua tugas, telepon Anda sepenuhnya reboot

Reboot pada umumnya dianggap sebagai pilihan restart dari smartphone android, artinya reboot berarti restart, sekarang alasannya kenapa disebutnya reboot karena ketika sistem komputer atau ponsel mana pun dinyalakan, mereka mengambil inital boot dari perangkat keras utama sistem yang memiliki beberapa data tersimpan di dalamnya dan kemudian file-file itu dimuat.

Apakah reboot akan menghapus data ?

Tentu saja Tidak, tidak sama sekali. Telepon hanya akan dimatikan dan setelah beberapa saat kemudian akan dinyalakan. Tidak ada memori atau data apapun yang akan dihapus dari telepon Anda. Dan setelah Anda menghidupkan telepon Anda, itu akan sama seperti sebelumnya.

Apa Fungsi Reboot di Android

1. Dengan melakukan reboot maka sistem akan kembali dalam kondisi fresh tanpa beban.

2. Rebooting sistem berfungsi juga untuk menjaga kekompakan kinerja seluruh komponen atau hardware yang ada di ponsel.

3. Reboot berfungsi juga untuk merefresh aplikasi yang baru saja terpasang.

4. Dengan melakukan reboot ponsel maka anda akan selalu menjada ‘kesehatan’ sistem ponsel agar tetap prima dalam kinerjanya.

5. Reboot juga berfungsi ketika ada salah satu aplikasi maupun hrdware ada yang bermasalah.

cara melakukan reboot di android

cara reboot android di tiap vendor seperti samsung, htc, xiomi, lg, dll umumnya sama saja, kamu hanya perlu menekan tombol off di android, sampai muncup pop up pilihan reboot. (beberapa vendor seperti samsung juga punya shortcut tersendiri untuk melakukan reboot tanpa menekan tombol off)

Akan tetapi cara tersebut cukup repot karena anda harus membuka terlebih dahulu smartphone android lebih lama. Mungkin anda ingin reboot hp android dengan cepat bukan ? Untuk meroboot android dengan cepat sebaiknya anda menggunakan ponsel android seperti tablet atau ponsel android premium.

Namun jika anda tidak memiliki tablet android atau ponsel android premium, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu simple reboot, atau bahasa sederhananya di restart secara lirian, yang bisa kamu unduh di google playstore.

Demikian penjelasan mengenai apa itu reboot dan fungsinya, dapat disimpulkan kalau reboot atau restart ulang suatu ponsel memang sangat diperlukan untuk menjaga kestabilan sistem android itu sendiri. Semoga ulasan tentang pentingnya reboot di android bermanfaat bagi sobat klenik semua.

Artikel ini telah dibaca 943 kali

Baca Lainnya