Mayeng

Sabtu, 25 Mei 2019 - 08:08 WIB

1 tahun yang lalu

logo

Pendakian Gunung Sindoro via Ndoro Arum

Bagi sebagian orang yang hobby traking gunung Sindoro adalah salah satu gunung di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.153 mdpl, yang mempunyai banyak rute. Salah satu di antaranya adalah Ndoro Arum. Jalur Pendakian Sindoro via Ndoro Arum ini masih tergolong baru.

Base camp-nya berada di Dusun Banaran, Desa Kayugiyang, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Akses menuju base camp cukup mudah, hanya terpaut sekitar tujuh kilometer dari Terminal Mendolo Wonosobo. Apabila tidak membawa kendaraan sendiri, kita bisa menyewa jasa transportasi antar-jemput yang telah disediakan oleh pihak base camp.

Biaya pendakian Gunung Sindoro via Ndoro Arum berkisar antara Rp15.000-25.000, tergantung kendaraan yang kamu gunakan. Rinciannya, Rp10.000 untuk tiket, Rp5.000 parkir motor, dan Rp15.000 parkir mobil.
Base camp – Pos 1 Ngrata
Dari base camp perlu waktu kurang lebih sekitar 1 jam untuk menuju Pos 1. Sepanjang jalan menuju Pos 1 kita akan melewati jalan berbatu dan ditemani pemandangan ladang pertanian milik warga sekitar.

Sesampainya di Pos 1, yang diberi nama Ngrata, kita akan menjumpai lahan yang cukup luas penuh pohon pinus. Di sana ada beberapa tempat yang bisa digunakan untuk membentangkan hammock dan mendirikan tenda.
Pos 1 Ngrata – Pos 2 Kayu Sawa
Seterusnya, dari Pos 1 Ngrata menuju Pos 2 Kayu Sawa perjalanan juga berlangsung sekitar 1 jam. Sekitar 30 menit dari Pos 1 Ngrata, setelah melewati banyak bonus—hutan pinus dan taman bunga—kita akan tiba di Bukit Jenggil (Pos Bayangan 2).

Di Bukit Jenggil dari kejauhan kita akan melihat Curug Sirendeng. Konon Curug Sirendeng hanya akan ada airnya pas musim hujan saja. Dari sana, perjalanan diteruskan ke jalur ekstrem yang hanya muat dilalui satu orang, yang banyak ditumbuhi ilalang dan diapit jurang di kedua sisi. Warga setempat menyebut ini Jalur Naga. Setengah jam dari Bukit Jenggil, lewat Jalur Naga dan jalur yang penuh kayu, kita akan tiba di Pos 2 Kayu Sawa.
Pos 2 Kayu Sawa – Pos 3 Watu Putih
Setelah itu, dari Pos 2 Kayu Sawa menuju Pos 3 Watu Putih kita akan berjalan sekitar 50 menit. Setengah jam perjalanan antara Pos 2 dan Pos 3 kita akan menjumpai sebuah pos bayangan (Pos Bayangan 3), lewat trek yang masih alami khas Gunung Sindoro.

Lalu, dari Pos Bayangan 3 menuju Pos 3 Watu Putih kita mesti melanjutkan perjalanan sekitar 20 menit. Rute yang harus dilalui berupa tangga, biasa disebut “Rute Ambal 1000 Undak-undakan.”
Pos 3 Watu Putih – Pos 4 Uci-uci
Dari Pos 3 Watu Putih menuju Pos 4 Uci-uci perjalanan berlangsung sedikit lebih lama daripada etape-etape sebelumnya, yakni sekitar 70 menit. Dari Pos 3 Watu Putih menuju Pos Bayangan 4 perlu waktu sekitar 40 menit.

Kemudian dari sana ke Pos 4 Uci-uci pendakian akan berlangsung sekitar 30 menit. Kita akan melewati tanjakan yang namanya lumayan lucu, yakni Mertua Galak. Tak jauh dari sana ada padang edelweiss yang cukup luas.
Pos 4 Uci-uci – puncak
Etape terakhir dari Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Ndoro Arum adalah perjalanan dari Pos 4 menuju puncak. Biasanya, para pendaki berkemah di pos ini sebelum melakukan summiting. Dari Pos 4, waktu yang diperlukan untuk mencapai titik tertinggi Gunung Sindoro adalah sekitar 1 jam.

Jadi,kalo di total waktu yang kita butuhkan untuk melakukan pendakian Gunung Sindoro via Ndoro Arum adalah kurang lebih sekitar 5-6 jam.

Artikel ini telah dibaca 350 kali

Baca Lainnya